4 Peluang Usaha Kreatif Dan Inovatif Dengan Modal Kecil Yang Menguntungkan

Advertisement

Peluang Usaha Kreatif Dan Inovatif Dengan Modal Kecil Paling Menguntungkan. Banyak sekali jaman sekarang untuk memulai usaha tanpa modal memanfaatkan barang bekas. Mulai dari usaha kelas mahasiswa, anak sekolahan hingga ibu rumah tangga. Dari mulai segmen usaha kuliner sampai dengan usaha daur ulang barang bekas dengan inovatif. Dalam terjun di segmen peluang usaha sampingan modal kecil, tentunya kita akan mengacu pada kemampuan modal yang kita miliki. Dan pada contoh kali ini, yang akan kita ambil adalah dari jenis usaha yang bisa dimulai dengan modal di angka lima jutaan. Dan modal usaha sampingan apakah itu..? ya, tentu ada banyak sekali bila mengupas tentang berbagai macam usaha kecil dengan modal awal 5 jutaan. Namun ada satu contoh usaha yang bisa dimulai dengan nilai modal tersebut, dan juga cocok untuk usaha sampingan yakni usaha angkringan.

4 Peluang Usaha Kreatif Dan Inovatif Dengan Modal Kecil Yang Menguntungkan
  • #1. Membuka usaha warung angkringan

Salah satu peluang usaha untuk ibu rumah tangga adalah bisnis kuliner membuka warung angkringan. Usaha angkringan secara umum, merupakan usaha jualan makanan jajanan khas jawa dan juga minuman seperti teh, kopi, wedang jahe dan lain-lain, yang berlokasi di kawasan kota, maupun kawasan ramai yang banyak lalu lalang pengendara maupun pejalan kaki. Usaha angkringan umumnya dibuka di pinggiran trotoar, biasanya juga di depan ruko yang malam harinya tutup, di dekat perempatan jalan, dan lokasi-lokasi strategis lainnya. Usaha angkringan paling banyak divaforitkan adalah dari nasi bungkusnya, atau di jawa sering disebut sebagai nasi kucing.
Disebut nasi kucing lantaran jumlah nasinya sedikit dengan lauk yang sedikit pula. Nasi bungkus atau nasi kucing tersebut biasanya dipadu dengan sambel teri, kering tempe, dan juga mie goreng dengan dibungkus daun pisang maupun kertas minyak. Dengan nasi yang sederhana namun memikat lidah tersebet, serta varian minuman panas, hangat dan dingin yang beragam , tentu saja menjadikan daya tarik tersendiri bagi para pecinta kuliner malam, utamanya untuk anak muda yang suka menghabiskan malam dengan mengobrol bersama teman-teman dengan dihiasi lampu kota.
Usaha semacam ini memang terbukti mampu menyerap pasar dari kalangan anak muda. Lantaran kesan santai dan hangat sangat terasa pada usaha angkringan. Terdapat pilihan untuk duduk, baik di kursi maupun dengan cara lesehan yang lebih kuat engan kesan santai. Untuk usaha semacam ini biasa dibuka mulai jam 5 hingga tengah malam. Sehingga sangat mungkin untuk dijalankan sebagai usaha sampingan, baik dijalankan sendiri maupun gunakan tenaga orang lain.
Apa yang cocok untuk usaha sampingan dengan modal 5 jutaan ?
Untuk ukuran bisnis modal rendah, angkringan bisa jadi solusi yang sangat tepat. Dengan modal 5 jutaan, kita bisa bangun sebuah gerobak angkringan dari kayu sederhana khas Jawa. Tak perlu bagus, maupun dicat, agar unsur Jawanya lebih kuat sehingga menjadi daya tarik. Lalu pertanyaanya, mungkinkah sebagai usaha sampingan, sementara kita setiap hari sibuk kerja..? tentu saja saja mungki. Angkringan bisa kita jalankan sendiri sepualng kerja, tapi itu bila memungkinkan dan kita masih punya tenaga. Bila pun tak mungkin, mempekerjakan orang tak ada salahnya.
Lalu siapa yang memasak..? mudah, olahan dalam usaha angkringan umumnya adalah nasi bungkus tadi, dan aneka gorengan. Kita pun bisa membeli nasi bungkus atau gorengan kepada para pemasok makanan di angkringan-angkringan, atau bisa juga bekerja sama dengan keluarga atau tetangga untuk mengolahnya.Read MoreBanyak usaha sampingan yang menjanjikan, namun tidak semuanya bisa sesuai dengan minat kita atau kemampuan kita. Itu tentunya hal yang wajar, karena setiap jenis usaha memiliki tingkat kesulitan yang berbeda-beda, sehingga tak semua orang bisa langung mengambil peluang usaha yang dilihatnya langsung.
Ini tentunya menarik untuk dikupas solusinya, agar kita bisa dengan mudah dalam memilih jenis usaha sampingan yang bisa sesuai dengan kemampuan kita, baik kemampuan secara waktu pengelolaan, dan tentunya kemampuan dalam hal yang lebih sempit yakni soal kompetensi pada jenis usaha yang dipilih.
Sebenarnya cukup mudah untuk memiluh sebuah usaha sampingan yang tepat untuk diri kita masing-masing. Bila kesulitan, langsung saja merujuk pada soal lokasi. Dimana lokasi ini bisa jadi kunci penting untuk kita dalam mencari usaha sampingan yang pas.
Lokasi usaha bisa kita bagi dalam tiga beberapa bagian, yakni usaha di rumah, usaha di luar rumah dengan menyewa toko, atau usaha gerobak franchise yang menyewa lokasi dalam ukuran meter persegi. Seperti apa sih kira-kira potensi lokasi tersebut sebagai peluang kita dalam merintis usaha..? yuk kita simak satu persatu.

#2. Membuka Usaha rumahan

Sekarang ini banyak kok usaha rumahan yang lagi trend dan bisa kamu coba. Salah satunya usaha rumahan ini. Paling mudah, lokasi yang bisa kita lirik untuk merintis usaha sampingan adalah rumah kita sendiri. Dimana konsep usaha sampingan rumahan bisa kita bentuk di rumah. Tetapi, apakah usaha rumah yang cocok..? soal usaha rumahan apa yang cocok untuk kita masing-masing, tentunya tergantung dari kondisi lingkungan setkitar serta strategis tidaknya lokasi rumah.
Untuk rumah dengan lokasi di pinggir jalan misalnya, bisa buka usaha semacam toko, atau usaha jasa. Yang menjalankannya tentu tak harus kita sendiri, tapi bisa bekerjasama dengan anggota kelauraga yang ada di rumah untuk mengelolanya. Misal usaha toko sembako, warung makan, laundry, toko pakan burung, tambal ban dan lain sebagainya.
Bila posisi rumah tak cukup bagus untuk buka usaha seperti contoh tersebut, maka usaha di segmen produktif atau produksi bisa dipilih, seperti membuat makanan, kerajinan, daur ulang dan lain sebagainya. Rumah merupakan lokasi usaha paling praktis untuk usaha sampingan.

#3. Membuka Usaha sewa toko

Beberapa diantara kita mungkin sangat ambisius saat melihat lokasi ramai yang terdapat toko yang disewakan sebagai tempat usaha. Dan menyewa toko bisa jadi alternatif kita untuk merintis usaha sampingan di luar rumah. Tapi bagaimakah usaha toko yang menjanjikan meski sebagai usaha sampingan.?


Tentu harus pandai-pandai dalam memilih jenis usaha, apa lagi dengan menyewa toko, biaya atau modal yang dikelaurkan tentu tidak sedikit, maka harus benar-benar tepat pemilihan jenisnya. Usaha toko di luar rumah ada baiknya direncanakan sebaik mungkin. Pilihlah jenis toko yang belum ada di lokasi tersebut, misal usaha jasa foto copy, usaha laundry, toko pakan burung, warung dan lain-lain. Pastikan pula siapa yang mengelola, apakah anggota keluarga atau mempekerjakan orang.
  • #4. Peluang Usaha Tanpa Modal Yang Menjanjikan

Untuk benda-benda bekas, sebenarnya cukup banyak yang memiliki potensi untuk diolah kembali menjadi barang fungsional yang memiliki nilai seni tinggi dan juga nilai ekonomi. Barang-barang seperti kardus bekas, karung bekas, botol plastik, sendok, dan kaleng bekas, sudah barang tentu memiliki potensi sebagai bahan baku untuk membuat aneka barang fungsional maupun barang yang tergolong benda seni. Dan berikut adalah aneka usaha sampingan dar ulang dengan memanfaatkan benda-benda berikut ini.
  1. Daur ulang kardus. Kita tentu cukup akrab dengan benda seperti kardus bekas. Kardus bekas bisa didapat dari kardus bekas mie instan, kardur dari minyak goreng, kardus air mineral, dan banyak sekali produk-produk yang dikemas dalam kardus lainnya. Kardus umumnya, bagi usaha semacam toko sembago atau grosir, tentu tidak dibuang, namun kardus ini biasanya dijual lagi dalam skala kiloan, namun juga dijual secara ecer bagi masyarakat umum yang membutuhkan.
  2. Namun, kardus tak hanya bisa dijual kiloan atau secara utuh saja, namun dengan mengkreasikan kardus menjadi benda fungsional maupun benda seni, justru nilainya bisa berlipat-lipat dibandingkan bila dijual dalam kiloan. Kardus-kardus bekas bisa jadi bahan baku untuk barang-barang seperti tempat foto, tempat pensil, tas, dan berbagai kreasi lainnya. Dengan sentuhan warna dan kombinasi dari bahan-bahan lainnya, tentu bisa menjadi sebuah benda fungsional yang memiliki unsur seni tinggi dan juga nilai ekonomis.
  3. Daur ulang kaleng bekas. Kaleng bekas umumnya bisa kita dapat dari barang-barang seperti; kaleng susu, kaleng minuman kemasan, kaleng ikan sarden, dan beberapa jenis produk yang dikemas dalam media kaleng. Kaleng dengan bahan seng, aluminium hingga besi ini cukup diburu oleh para pecari barang bekas. Tujuannya tentu saja untuk dilebur kembali.
  4. Namun bila kita cukup kreatif dalam mengolah kaleng-kaleng bekas, justru banyak sekali benda-benda seni maupun benda-benda fungsional bisa kita ciptakan dari kaleng bekas. Ragam benda kreasi dari kaleng bekas contohnya adalah; miniatur kendaraan, tempat lampu, tempat pensil, robot, perahu, dan masih banyak lagi. Aktifitas mengolah benda bekas ini pun bisa jadi aktifitas menyenangkan sepulang kerja.
  5. Daur ulang ragam barang bekas. Bermacam barang bekas seperti sendok, garpu, kertas, koran dan masih banyak lagi, juga punya potensi yang cukup menarik untuk dibuat benda kreasi, mulai dari tempat lampu, tempat pensil, tempat foto, dan masih banyak lagi benda kreasi lainnya. Mungkin kita bertanya mengenai cara memasarkannya., mudah saja, bisa lewat gerai mainan anak,gerai koprasi, bazar atau pameran, media online, dan masih banyak lagi cara lainnya.
Kiranya cukup sekian 4 Peluang Usaha Kreatif Dan Inovatif Dengan Modal Kecil Yang Menguntungkan yang bisa kamu coba dirumah dengan mengusahakan sekreatif mungkin kamu bisa memulai usaha bahkan tanpa modal namun bisa meraup keuntungan hingga jutaan rupiah.

Advertisement